Kapulaga – Rempah Wangi Berkhasiat Obat

Kapulaga  (Amomum compactum)  merupakan rempah dari buah tanaman suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Buahnya menggerombol di sekitar permukaan pangkal batang. Buah yang disebut orang bule cardamom ini memiliki aroma  wangi yang  khas, rasa agak pedas, pahit  dengan efek sedikit ‘semriwing’ seperti senyawa mentol.


Dalam dunia kuliner kapulaga digunakan sebagai bumbu masakan maupun campuran minuman, khususnya minuman hangat. India, Pakistan, Banglades, Sirlanka, dan negara Timur Tengah adalah negara yang ‘royal’ menggunakan kapulaga dalam masakan. Mereka biasanya menggunakannya sebagai campuran bumbu kari, masakan daging, ayam atau ikan. Di Indonesai, Masyarakat Aceh dan Sumatera juga sering menggunakan kapulaga sebagai campuran bumbu masakan gulai, kari dan kalio. Sedangkan masyarakat Jakarta biasanya menggunakan bumbu ini sebagai campuran bumbu soto betawi. 

Varietas kapulaga banyak ragamnya, seperti kapulaga lokal yang berkulit putih dan kapulaga  India yang berkulit hijau. Di pasaran, kapulaga biasanya dijual dalam bentuk utuh dan bubuk. Penggunaanya sekitar 4-8 buah kapulaga untuk membuat 2 liter kari/kuah masakan.  Selain sebagai bumbu masak, kapulaga juga sering digunakan sebagai bahan baku jamu.  Biji kapulaga mengandung minyak esensial seperti cineol. Konon, kapulaga dapat digunakan sebagai obat pereda rematik, perut kembung, masuk angin, demam dan sakit ganguan usus. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s