Strawberry Macarons

Siapa saja yang melihat kue mungil ini pasti akan tergoda untuk menyantapnya. Saat ini kue Macarons memang sedang menjadi trend kuliner yang diminati. Rasanya yang manis dengan beragam isi menjadi daya tarik kue lain kue asal Italia. Anda penasaran dan ingin mencobanya di rumah? Berikut resep dan tip anti gagal membuat macarons. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.
Strawberry Macarons
Bahan:
400 g icing sugar
100 g putih telur
2 sdm tepung maizena
¼ sdt garam halus
½ sdt pasta stroberi/pewarna merah muda
Isi:
1 butir putih telur
4 sdm gula halus
1 sdm air jeruk nipis
Cara Membuat:
1. Kocok putih telur dengan icing sugar dan garam halus hingga mengembang kaku.
2. Masukkan tepung maizena dan pasta stroberi ke dalam adonan putih telur, aduk sebentar hingga tercampur rata.
3. Siapkan loyang kue kering beroles margarin. Masukkan adonan macarons ke dalam piping bag/plastik corong segi tiga, gunting bagian ujungnya.
4. Semprotkan adonan ke atas loyang membentuk bulatan. Diamkan di dalam suhu ruang selama 10 menit hingga adonan melebar.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 15 menit.
6. Buka pintu oven, selama 3 menit. Panggang kembali di dalam suhu 130 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue benar-benar matang dan kering. Angkat.
7. Diamkan adonan dingin di atas loyang. Keluarkan kue dari cetakkan. Ambil satu buah macarons, olesi dengan bahan isi, tutup dengan maracon yang lain.
8. Simpan macarons di dalam stoples kedap udara. Sajikan.
9. Isi: Kocok putih telur, gula halus dan air jeruk nipis dengan kocokan kawat hingga tercampur rata dan berwarna putih. Sisihkan. Isi siap digunakan
Untuk 20 Buah
 Tips:
* Jangan menggunakan gula halus karena akan menghassilkan macarons dengan warna kusam dan teksturnya kasar. Gunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.
* Pastikan mixer dan bowl adonan dalam kondisi kering dari air, adanya air di dalam bowl atau mixer bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang.
* Jangan memanggang kue ini dalam suhu terlalu panas, dia atas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue retak namun bagian dalamnya masih lembab.
* Isi macaron bisa diganti sesuais elera, misalnya dengan pindakas, selai, whipped cream, butter cream atau cream cheese.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s